MODUL AJAR PUISI DIAFAN DAN PUISI PRISMATIS

  

 

A.   INFORMASI UMUM

 

Satuan Pendidikan

SMP Negeri 6 Purwokerto

Kelas/Fase/Semester

III 2

Domain/Topik

Puisiku Ekspresi Diriku

Sub Materi

Telaah Puisi Diafan dan Prismati

Alokasi Waktu

2 JP (2 x 40 Menit)

Kompetensi Awal (Pengetahuan/Keterampilan Prasyarat)

Peserta siswa mampu menelaah serta membandingkan puisi diafan dan prismatis dengan baik dan benar.

Profil Pelajar Pancasila

·          Mandiri

Bekerja secara mandiri tanpa bantuan orang lain untuk mengidentifikasi hal-hal yang menjadi tujuan.

·          Kreatif

Menghasilkan gagasan yang asli.

·          Bernalar kritis

Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan.

Sarana dan Prasarana

Alat tulis, buku bacaan, HP, laptop, dan alat proyektor

 

Target Peserta Didik

Pembelajaran menerapkan pembelajaran berdiferensiasi sehingga target yang ditetapkan adalah sebagai berikut.

·          Peserta siswa diharapkan dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan ketentan dapat menelaah serta membandingkan puisi diafan dan prismatis dengan baik dan benar.

 

Model Pembelajaran

 

Model pembelajaran yang digunakan adalah Problem Based Learning dengan ketentuan sebagai berikut:

 

1.       Memberikan orientasi tentang permasalahan kepada peserta didik .

2.       Mengorganisasi peserta didik dalam belajar.

3.       Memberikan bimbingan pada individu maupun kelompok.

4.       menyampaikan dan menyajikan hasil karya peserta didik.

5.       Melakukan analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah.

 

 KOMPONEN INTI

Elemen Pembelajaran Capaian

Berdasarkan pemahaman peserta didik terhadap puisi diafan dan prismatis, peserta didik mampu menelaah serta membandingkan puisi diafan dan prismatis dengan baik dan benar secara berkelompok.

(Diferensiasi Proses)

Indikator Pembelajaran

Menelah dan membandingkan puisi diafan dan puisi prismatis

Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatatan menyimak tayangan salindia dan tayangan vudeo tentang puisi diafan dan prismatis, peserta didik mampu menelaah serta membandingkan puisi diafan dan prismatis dengan baik dan benar .

Pemahaman Bermakna

Pemahaman kita terhadap menelaah serta membandingkan puisi diafan dan prismatis dengan baik dan benar akan memperkuat sikap kritis, logistik, dan kreatif dalam menyampaikan sebuah karya kepada orang lain. Kegiatan yang dilakukan akan mendatangkan kebermanfaatan bagi kehidupan di masa yang akan datang.

Pertanyaan Pemantik

1.       Apakah kalian pernah membaca puisi?

2.       Puisi berjudul apa yang pernah kalian baca?

3.       Siapa nama penulisnya?

4.       Apakah kalian menyukai puisi? Mengapa?

Persiapan Kegiatan Pembelajaran

1.       Guru menyusun modul terbuka.

2.       Pendidik menyiapkan media pembelajaran.

3.       Guru melakukan tes diagnostik terkait kesiapan dan kemampuan peserta didik saat pembelajaran.

KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP PEMBELAJARAN

KEGIATAN GURU

KEGIATAN

PESERTA DIDIK

ALOKASI WAKTU

 

A. Kegiatan Pendahuluan

 

15 menit

 

Pembiasaan dan orientasi

1.       Guru membuka pembelajaran dengan memberi salam dan mengajak berdoa bersama.

2.       Guru memeriksa kehadiran peserta didik.

3.       Guru menyampaikan profil pelajar pancasila.

4.       Guru melakukan ases men awal/diagnostik untuk mengetahui kesiapan belajar melalui melalui link:

https://create.kahoot.it/details/ef13cac3-8424-40ff-8798-6bdbdaa6c153

 

1.       Peserta didik menjwab salah dan melakukan doa bersama untuk mengawali pembelajaran.

2.       Peserta didik memberikan informasi terkait kehadiran kepada guru.

3.       Peserta didik mengetahui capaian profil pelajar pancasila yang harus ditetapkan.

4.       Peserta didik melakukan asesmen diagnostik sesuai dengan arahan guru.

10 menit

 

Apersepsi dan Motivasi

Guru mengulas kembali materi sebelumnya dan memberikan pertanyaan pembaca seperti:

1.       Apakah kalian pernah membaca puisi?

2.       Puisi berjudul apa yang pernah kalian baca?

3.       Siapa nama penulisnya?

4.       Apakah kalian menyukai puisi? Mengapa?

Peserta didik memberikan respon terhadap pertanyaan pemantik yang ditanyakan oleh guru.

5 menit

 

B. Kegiatan Inti

 

55 menit

 

Memberikan orientasi tentang permasalahan kepada peserta didik dan memberikan penjelasan terkait isi dan unsur-unsur karya fiksi

1.       Guru membuka proses pembelajaran dengan menyampaiakan tujuan pembelajaran.

2.       Guru memberikan materi telaah dan membandingkan puisi diafan dan puisi prismatis. (Diferensiasi Proses)

3.       Guru mengajukan pertanyaan terkait materi yang telah ditayangkan dalam salindia.

4.       Guru mengajak peserta didik mengamati tayangan video terkait puisi diafan dan prismatis serta guru mengajak peserta didik untuk melakukan analisis bersama terkait puisi diafan dan prismatis melalui link berikut:

·          https://youtu.be/mUL-I_pjwJI?si=6o_D8SbjmPfEWmGO

·          https://youtu.be/P53d0wcvdyQ?si=0gK9gQz0qJi9K3Tb

(Diferensiasi Konten)

1.       Peserta didik mengetahui tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam pembelajaran tersebut.

2.       Peserta didik mengamati tayangan video yang disajikan.

3.       Peserta didik merespons pertanyaan yang ditanyakan oleh guru.

4.       Peserta didik menyimak dan mengamati materi yang disampaikan oleh guru.

35 menit

 

Mengorganisasi peserta didik dalam belajar serta pembagian kelompok dan LKPD

1.       Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang beranggotakan 3-4.

2.       Guru memberikan dan menjelaskan LKPD kepada peserta didik.

1.       Peserta didik berdiskusi menjadi beberapa kelompok.

2.       Peserta didik menerima dan mengerjakan LKPD yang sudah diumumkan.

5 menit

 

Memberikan bimbingan pada setiap kelompok saat mengerjakan LKPD dan presentasi

1.       Guru berkeliling untuk mengajak peserta didik dalam mengerjakan LKPD.

2.       Guru memberikan Arah lebih banyak pada peserta didik yang membutuhkan pendampingan.

3.       Guru meminta peserta didik untuk mendiskusikan hasil diskusi kelompok. (Diferensiasi produk)

1.       Peserta didik mengerjakan LKPD dengan teliti dan kreatif.

2.       Peserta didik menyusun LKPD sesuai dengan petunjuk yang tertulis di dalam LKPD.

3.       Peserta didik melakukan presentasi terkait hasil diskusi kelompok di depan kelas.

4.       Peserta didik lain memberikan tanggapan terhadap penyampaian hasil diskusi kelompok yang disampaikan oleh peserta didik yang presentasi.

15 menit

 

C. Kegiatan Penutup

 

10 menit

 

Evaluasi dan Rencana Tindak Lanjut

1.       Guru memberikan penguatan materi terkait puisi diafan dan prismatis.

2.       Guru menyampaikan kesimpulan serta refleksi dari kegiatan pembelajaran.

3.       Guru memberikan apresiasi atas kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan pada pertemuan berikutnya.

4.       Guru menutup pembelajaran dengan doa bersama.

1.       Peserta didik menerima penguatan materi yang disampaikan oleh guru.

2.       Peserta didik mampu memperoleh refleksi setelah kegiatan pembelajaran.

3.       Peserta didik mendapat penghargaan dari guru.

4.       Peserta didik mengetahu materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.

5.       Peserta didik menutup kegiatan pembelajaran dengan doa bersama

10 menit

 

 Asesmen

a.       Jenis Asesmen

   Asesmen Awal / Diagnostik

Asesmen awal pembelajaran dilakukan untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam bentuk pertanyaan terkait  telaah puisi diafan dan puisi prismatis melalui link berikut:

https://create.kahoot.it/details/ef13cac3-8424-40ff-8798-6bdbdaa6c15

   Asesmen Formatif

Formatif asesmen dilakukan pada proses kegiatan pembelajaran (terlampir) dengan pemberian kelompok LKPD.

Pengayaan dan Remidial

A.        Pengayaan diberikan kepada peserta didik yang menguasai materi ini dengan sangat baik, yaitu dengan cara memberikan ragam soal yang tingkatannya lebih tinggi.

B.       Remedial diberikan kepada peserta didik yang belum menguasai materi dengan baik, yaitu dengan cara memberikan variasi materi dasar serta materi spesifik yang kurang dikuasai oleh peserta didik. 

C.   Lampiran

1.       Bahan Ajar Guru dan Peserta Didik

2.       Daftar Pustaka

3.       Media Pembelajaran

4.       Instrumen Penilaian


Lampiran I

 

 BAHAN AJAR GURU DAN PESERTA DIDIK

 

  1. Puisi

Puisi merupakan karya imajinatif yang berisi pemikiran, gagasan, perasaan dan pengalaman penyair yang disampaikan dengan bahasa padat, singkat estetis, konotatif dan simbolis. Puisi memiliki ragam jenis di antaranya yaitu puisi diafan dan puisi prismatis.

B.Puisi      Diafan dan Puisi Prismatis

1.       Puisi Diafan

Puisi diafan adalah puisi yang polos atau puisi yang kurang sekali menggunakan pengimajian, kata konkert, dan bahasa figuratif. Puisi ini memiliki istilah lain yaitu puisi transparan. Transparan memiliki arti jernih atau bening.

2.       Puisi Prismatis

Puisi prismatis merupakan kebalikan dari puisi diafan. Puisi jenis ini sangat mengandalkan pemakaian kata-kata dalam bentuk perlambangan atau kiasan.

Kata-katanya sering mempunyai kemungkinan makna lebih dari satu ( poly interpretable ), bahkan terkadang menunjuk pada pengertian bersifat konotatif.

3.       Perbedaan Puisi Diafan dan Puisi Prismatis

Setelah mengetahui penjelasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa kedua puisi tersebut memiliki perbedaan. Berikut perbedaan puisi diafan dan prismati.

Aspek Pembeda

Puisi Diafan

Puisi Prismatis

Penggunaan Kata Kias

Penulis puisi diafan tidak menggunakan lambang maupun kata kiasan untuk mengungkapkan maksudnya.

Puisi prismatis umumnya didominasi oleh penggunaan kata konotatif, citraan, lambang dan kiasan.

Makna Puisi

Puisi diafan bisa lebih jelas dan mudah dipahami karena biasanya menggunakan bahasa sehari-hari.

Puisi prismati mempunyai ide dan makna melalui lambang, perbandingan, motif-motif yang digunakan dalam puisi tersebut. Sehingga puisi prismatis membuat seseorang lebih sulit memaknai makna atau isi puisi.

Penafsiran

Dikarenakan dalam puisi diafan tidak menggunakan kata kiasan maka puisi ini tidak perlu penafsiran dalam memahami isi puisi.

Kalimat pada puisi prismatis perlu diolah terlebih dahulu karena tidak menggunakan kalimat sehari-hari (kiasan).

Tujuan

Puisi diafan ditulis oleh orang dewasa dan diperuntukkan bagi anak-anak.

Puisi prismatis yang ditulis oleh penyair yang handal dalam bidang ini dan puisi jenis ini diperuntukkan untuk remaja hingga kalangan orang tua.

 

LAMPU II

DAFTAR PUSTAKA

 

Tim Penyusun MGMP Kab. Banyumas (2023). Bahasa Indonesia SMP/MTS Kelas VIII . Jakarta: Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

https://kumparan.com/ragam-info/4-perbedaan-puisi-diafan-dan-prismatis-22CyjVGp3gO

https://youtu.be/mUL-I_pjwJI?si=6o_D8SbjmPfEWmGO

https://youtu.be/P53d0wcvdyQ?si=0gK9gQz0qJi9K3Tb

https://create.kahoot.it/details/ef13cac3-8424-40ff-8798-6bdbdaa6c153

https://www.babad.id/edukasiana/36411693846/latihan-soal-dan-kunci-jawaban-materi-bahasa-indonesia-untuk-kelas-8-tentang-membandingkan-puisi-diafan-dan-puisi-prismatis? halaman=3

LAMPIRAN III

 

MEDIA PEMBELAJARAN

 

Fase/Kelas                              : D/VIII

Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia

Materi Pokok                          Puisiku Ekspresi Diriku

Pembelajaran Capaian            : Berdasarkan pemahaman peserta didik terhadap puisi diafan dan prismatis, peserta didik mampu menjelaskan dan membedakan informasi berupa puisi diafan dan primatis secara berkelompok dengan baik dan benar.

Tujuan Pembelajaran               : Melalui kegiatatan menyimak tayangan salindia dan tayangan vudeo tentang puisi diafan dan prismatis, peserta didik mampu menelaah dan membedakan puisi diafan dan prismatis.

DIAGNOSTIK ASESMEN

 


 

 

 


 


 


 

 

 


 

 


 

 



Salindia

 


 

 

 


 


 

 


 

 


 

 


 


 

 


 


 



 

 

 

LAMPIRAN IV

INSTRUMEN PENILAIAN

  1. Penilaian Sikap

 

TIDAK

 

Indikator

Kriteria

Memerlukan Bimbingan (1)

Mulai Berkembang (2)

Berkembang (3)

Membudayakan (4)

1.

Bernalar Kritis

Memerlukan Arahan dari guru untuk menyampaikan sebuah pendapat dan saran terhadap suatu hal.

Terdapat sedikit rasa malu dalam menyampaikan pendapat serta saran terhadap suatu hal.

Menyampaikan pendapat dengan bahasa yang jelas, namun belum memberikan masukan atau saran.

Menyampaikan pendapay dan saran dengan bahasa yang jelas, sopan, dan sesuai dengan konteks yang dibahas.

2.

Kreatif

Paling pasif saat berdiskusi kelompok.

Kuran begitu aktif dalam berdiskusi kelompok.

Aktif dalam berdiskusi kelompok.

Sangat aktif dalam berdiskusi kelompok.

3.

Mandiri

Selalu meminta bantuan orang lain untuk menyelesaikan pekerjaan.

Menyelesaikan tugas dari guru dengan sedikit bantuan orang lain.

Menyelesaikan tugas dari guru tanpa bantuan orang lain.

Mampu menyelesaikan tugas tanpa bantuan orang lain.


  1. Penilaian Awal Pembelajaran

Kriteria Penilaian

Skor

Peserta didik menjawab semua pertanyaan dengan tepat

 

100

Peserta didik menjawab 7 pertanyaan dengan tepat

 

80

Peserta didik menjawab 5 pertanyaan dengan tepat

 

60

Peserta didik menjawab 3 pertanyaan dengan tepat

 

40

Peserta didik menjawab 2 pertanyaan dengan tepat

 

20

Peserta didik tidak menjawab pertanyaan dengan tepat

 

angka 0


C. Rubrik Penilaian LKPD Kelompok

 

Kriteria Penilaian

 

Aspek yang dinilai

 

Skor

76-100

56-75

26-50

1-25

angka 0

Puisi Diafan dan Puisi Prismatis

Puisi Diafan

Jika dapat menentukan puisi diafan dengan sangat tepat

Jika dapat menentukan puisi diafan dengan tepat

Jika dapat menentukan puisi diafan dengan cukup tepat

Jika dapat menentukan puisi diafan dengan kurang tepat

Tidak dapat menentukan puisi diafan

Puisi Diafan dan Puisi Prismatis

Puisi Prismatis

Jika dapat menentukan puisi diafan dengan sangat tepat

Jika dapat menentukan puisi diafan dengan tepat

Jika dapat menentukan puisi diafan dengan cukup tepat

Jika dapat menentukan puisi diafan dengan kurang tepat

Tidak dapat menentukan puisi diafan

 

Pengolahan Nilai Akhir

Rumus:

NA = Skor yang diperoleh x 100

             Skor maksimal

 


Comments